April 14, 2016

Pengalaman Tes OJK versi tes di Jakarta-UNJ

Halloow....

Postingan kali ini aku mau cerita aja tentang pengalaman tes OJK tahap 2 yang aku ikuti kemarin di UNJ tanggal 10 april 2016.

Tes OJK kali ini adalah kali ke dua aku ikutan. Sebelumnya aku pernah ikutan juga tahun 2014 di Kampus STIE YKPN Jogja *pas masih jd anak kosan*. Cuma sampe tahap 3, kemudian BYE! Hehehhe

Tes OJK tahun ini, aku daftar pada posisi PCS sama kaya dulu. Karena aku skrg domisili di Jabodetabek, mau gamau aku ikutan tes di Jakarta. Pas dapet lokasi di UNJ Rawamangun Jaktim. 

Tes OJK tahap 2 pada tahun 2016 ini beda kaya tes OJK tahap 2 tahun 2014 yg sempet aku ikuti. Tes kali ini langsung tes TPA, bidang, pengetahuan OJK dan bhs Inggris. Buset bgt kan, mana aku dapet shift 2 yang jam setengah 2 pulak, ga bisa bayangin bisa kelar jam berapa.
pict took here
Gedungnya keceh yah....


FYI, dari rumahku sampe kampus UNJ itu adalah perjalanan yang jau u u u h bgt. Why? Ujung selatan ke ujung timur vro!

Alhamdulillah tes nya dilaksanakan hari minggu. Awalnya mau berangkat sendiri~~~ Tapi Gembul bersikeras buat nemenin....uwwwww so sweeeet..... *gaya Chelsea Islan di Tetangga Masa Gitu*

Berangkatlah kami berdua jam 10 kurang dari rumah naik motor ke stasiun Sudimara....Naik KRL jurusan Tanah Abang rame banget *saat itu aku merasa badanku mulai ga enak, pen pup tapi engga, perut kembung dan sedikit dizzy*
Dari Tanah Abang kami pindah KRL yang jurusan ke Depok. Nah karena kami mau ke arah Bekasi ni, maka kami turun di Manggarai ganti lagiiii keretanyaa yang jurusan Bekasi karena kami mau turun di Jatinegara....

Sampe Jatinegara disitu udah nampak beberapa orang berseragam tes *baca:dresscode putih item ala ala ospek*. Wuii banyak juga yang mau tes. Di Jatinegara niatnya mau naik busway ke UNJ, tetapi kmi ga nemu tuh halte busway nya. Maka kami pesen Grab car aja, tarifnya 30 ribu. Mahalan karena ternyata rutenya muter. Ternyata dari halte Busway UNJ ke UNJ nya itu jauuuh masuknya. Untung kami naik grab. 

Sampe sana kami menuju lokasi tes. Ternayata masih dipake buat tesnya. Akhirya kami keluar lagi, nemeni gembul sholat dan kami cari makan. Emejing ya, sebuah kampus tapi sekitarannya ga ada tempat jualan makan ala ala anak kampus. Bahkan tempat jualan makan yg ala bos pun ga ada. Mungkin ada tapi ga walkable kali ya. Finally kami maem di warung nasi pinggir jalan. Awalnya aku gamau makan, tp nyicip nasinya Gembul aku jd pesen setengah hehehehe. 

Tes dimulai jam setengah 2 lebih, aku menuju ruang tes dan Gembul pergi ngemall buat killing time *gembul nonton Jungle Book tanpa aku errrr* Aku bilang aja kayanya sih baru sorean kelar tes, berkaca dari astri yag kelar tes jam 7 hari kemarinnya. 

Tes dimulai dengan pengumpulan berkas yang disuruh bawa dalam map dan amplop. Yeah....Tes dimulai dengan TPA yaitu itung-itungan, ruang, sinonim, antonim, terus tes tentang kepribadiaaan dan terakhir adalah tes Pauli. Habis tes pauli rasanya aku lupa segalanya. 

Belum, tes belum selese. Ini tes sesi 1, soalnya udah lewat ashar, kami break dan masuk kembali.

Sesi 2 adalah tes bidang dan pengetahuan OJK. Buat tes akademik, peserta dibedain jadi beberapa kelompok berdasar educational backgroundnya. Bocoran aja buat yang teknik nih, tesnya seputar semua bidang teknik. Banyak soal tentang fisikanya dan lebih banyak bidang keindustrian uwww gue mana tau ya. Then lanjut tes OJK. Ini nih tes paling yang aku ga pernah bisa ngerti maunya. Namanya tes pengetahuan OJK, keluarnya lebih ke perbankan. Ya yang tau anak2 ekonomi doang kali ya istilah2nya. Pusing pala berbi.......habis tes OJK break maghrib. 

Finally tes terakhir adalah tes bahasa inggris. Tahun ini ga ada keringanan buat yang punya nilai toefl di atas 500. Semua lapisan peserta mesti ikut tes ini. Model tesnya seperti toefl hanya ga ada listeningnya. 

Jam setengah 8 hampir jam 8 deh, tes kelar. Peserta dikasih makan nasi kotak *kayanya nasi kotak kondangan soalnya cateringnya dari WO loh*. Gembul udah lusuuuuh bgt nungguin aku diluar. Akhirnya kami memutuskan pulang naik grab aja sekalian sampe tanah abang. 

Kali itu, kami lewat Jakpus. Ku akui Jakarta bagus banget pas malam, indah dengan lampu kelap kelap kelip, berjajar gedung tinggi pencakar langit, ada kantor pemerintah, swasta, perbankan, hotel, pusat perbelanjaan dengan dominasi merk2 dagang luar yang hiiits menghiasi dindingnya. Iya, Jakarta bagus banget. Jalannya lebar-lebar, yang lewat mobil-mobil bagus, ada transjakarta, ada jalan yang lagi dibangun lagi, ada jalan layang yang banyak banget,...aku katrok banget sih pastinya. Hehehehe.

Sampe Tanah Abang langsung dehh naik ke arah serpong. Gembul capek bgt di KRL sampe tidur, untung ga rame jd dapet seat. Gembul dan aku kelaperan sampe di Sudimara. Kami nyari tempat buat beli makan udah pada ga asik. Akhirnya mutusin beli di sebuah tempat makan yang ga jauh dr gerbang perumahan. Dari situlah aku dan Gembul kapok sekapok kapoknya. Rasanya ga enak, mahal dan bakulnya jutek2. Gembul akhirnya aku bikinin telor ceplok doang sm nasi anget. 

Yah begitulah pengalaman tes OJK versi Jkarta. Pengumuman tanggal 20 april minggu depan. Wish me luck ya gais supaya aku bisa lolos ke tahap selanjutnya. Aku bener-bener ingin bekerja demi keluarga ku :) Oiya besokannya aku masuk angin beneran, dari hasil kerokan yang merah ga selow, sudah dipastikan aku kecapekan parah. Yeah alhamdulillah sudah recovery hehehe. Sip jaga kesehatan juga buat yg pada baca ya. 

Salam, 
-Resti, IRT yang ingin jadi wanita career-


No comments:

Post a Comment

Masuk Sekolah

  Assalamualaykum teman-teman blog! Sudah lama sekali ga menyapa lewat blog, alasan klasik tolong diterima ya.                          ...