March 22, 2016

My Wedding Preparation in Purwokerto


Menikah adalah prosesi sakral dan suci yang diharapkan hanya sekali seumur hidup aja terjadi pada setiap manusia. Begitu pula denganku, yang alhamdulillah sudah melangsungkan pernikahan pada tanggal 5 maret 2016 lalu di Purwokerto. 

Kali ini, aku mau berbagi cerita tentang persiapan pernikahanku. Pada umumnya, para calon pengantin perempuan akan menjadi bridezilla menjelang hari pernikahan mereka. Aku berpikir juga akan menjadi bridezilla yang rempong sana sini mikirin apa aja yang harus beres dan belum kelar. Tetapi, ga perlu menjadi bridezilla jika kita udah merencanakan semuanya. 

Judul blog ini aku spesifikkan dengan lokasi pernikahanku diselenggarakan yaitu di Purwokerto. Sebab masih susah dan belum banyak yang berbagi pengalaman mengenai vendor catering, make up, dekor dll di Kota Purwokerto. Jadi, di blog ini aku mau share apa aja persiapan yang aku lakuin plus vendor yang aku pake. 

1. Persiapan data-data untuk mendaftar di KUA
Apa aja sih persiapan buat daftar di KUA? Data pribadi apa aja yang perlu dibawa? Jadi, hal pertama yang aku lakukan adalah meminta surat pengantar dari RT, kemudian RW kemudian ke kelurahan / kantor balai desa. Disitu nanti disuruh ngisi beberapa formulir dan tentunya ngumpulin foto dengan bekron merah ukuran 2x3 sm 4x6 kalo ga salah. Kemudian selagi nunggu persyaratan diproses, perlu melakukan tes kesehatan di Puskesmas kecamatan. 

Hal yang diperiksa saat di Puskesmas:
a. tinggi badan
b. berat badan
c. tekanan darah
d. tes kehamilan
e. suntik tetanus 

Kalo buat laki2 cuma ngelakuin tes a,b,c aja. FYI buat suntik tetanus untuk perempuan perlu dilakukan sebanyak 6 kali seumur hidup supaya benar-benar kebal terhadap tetanus dan tidak menular pada anak yang dikandung. Suntik tetanus yang aku lakukan adalah yang ke 3. Sebab dulu pas SD sudah pernah 2x, sehingga masih ada 3 x lagi yang harus aku lakukan dalam kurun waktu 3 tahun mendatang. Oiya, setelah suntik tetanus, aku demam selama 2 hari 2 malam dan pegal-pegal tangan kurang lebih 1 minggu. 

2. Persiapan Lokasi Pernikahan
Pernikahanku dilakukan di 2 lokasi yaitu akad nikah dilaksanakan di rumah dan resepsi dilakukan di Gedung Soemardjito. Ada banyak gedung di Kota Purwokerto yang availabel buat menggelar resepsi pernikahan. Mulai di balai kelurahan, gedung pertemuan, gedung auditorium kampus, rumah makan, hingga ballroom hotel berbintang. 

Berikut beberapa gedung yang aku tau yang biasa digunakan sebagai lokasi resepsi pernikahan di kota Purwokerto:
a. Gedung Soemardjito Unsoed
b. Auditorium Graha Widya Unsoed
c. Gedung BPD
d. Gedung Bakorwil
e. Pascalis Hall
f. Gedung Korpri
g. Auditorium UMP
h. Balai Kelurahan Purwokerto Selatan
i. Balai Kelurahan Purwokerto Timur
j. Hotel Santika
k. Hotel Horison
l. Garden Resto

*masih banyak lagi yang lain mungkin bisa ditambahkan*

alasan mengapa lokasi akad dan resepsi berbeda? sebab akad dan resepsi dilaksanakan dalam hari yang berbeda untuk mengantisipasi ngaret dan molor jika akad dilaksanakn pagi dan resepsi siangnya *berdasar pengalaman para panitia dan keluargaku*

3. Persiapan Rias Pengantin 
Ini adalah hal krusial sebenernya bagi pengantin wanita. Ga ada perempuan yang mau tampil gagal di hari paling istimewa dalam hidupnya yang cuma sekali doang. Oleh karena itu aku gamau gegabah tapi harus cak cek biar ga diduluin sama orang lain hehehe. 

Di Purwokerto sendiri sudah banyak penata rias dan salon-salon pengantin profesional yang kekinian. Aku sebutin satu-satu ya:
a. Ulya one stop wedding
b. Eka one stop wedding
c. Pinkan Salon
d. Bu Bambang
e. Bu Lis
f. Bu Abu
g. Eras Salon
h. Era Waluyo Salon

*masih banyak yang lainnya juga mua mua lain di Purwokerto yang kece-kecebanget hasilnya*

Nah, vendor rias pengantin yang kearin aku gunakan ada 2. Hehehehe. Yang akad aku menggunakan jasa MUA Mbak windy dan buat resepsi menggunakan jasa dari Bu Ida Widodo dari Ulya Salon. 

4. Persiapan Dekorasi Pernikahan 
Dekorasi pernikahan di Purwokerto juga banyak banget. Rias pengantinpun ada yang sekaligus melayani jasa dekorasi seperti ulya salon, eka one stop wedding dan era salon.
Karena gamau ribet, dekorasi menggunakan ulya salon juga. Kenapa? biar match sama tema pernikahan dan gaunnya juga. Dan biar urusan administrasi lancar jaya.

5. Persiapan Catering Pernikahan 
Untuk masalah katering juga kebagi 2, di rumah dan di gedung. Di rumah keluargaku menggunakan jasa Pak Min. Pak Min adalah tukang masak profesional yang rumahnya di Cilongok yang udah sempet melanglang kemana-mana. Kenal Pak Min dari pernikahan sepupuku dulu. Pak Min ini bisa masak apa saja dan orangnya tertib dan teratur. 

Sementara untuk di gedung mneggunakan jasa catering Bu Kusbi yaitu Ekasari Catering di Pabuaran. Ini juga merupakan salah satu catering yang enak dan sudah profesional dalam melayani acara pernikahan. sehingga ga akan mungkin ada acara kekurangan makan.

6. Persiapan souvenir, undangan, serta buku tamu
Untuk souvenir dengan segala pertimbangan dan pilihan akhirnya diputuskan buat order di sebuah kedai souvenir di Pasar Beringharjo Yogyakarta yaitu Almai Souvenir *berhubung saat itu aku masih stay dan kerja dikerja di jogja*. 

Undangan kami bagi menjadi 2 yaitu undangan resmi dan undangan online. Untuk undangan resmi dipercayakan pada kakak ipar yang kebetulan memiliki percetakan. sementara untuk undangan online aku desain sendiri hehehe. 

Buku tamu awalnya mau desain sendiri *udah jadi desainnya* tetapi biaya cetak di purwokerto mahaaal bangeeettttttt 1 biji buku harganya bisa3 kali lipat buku tamu yang dijual di pasaran. 

7. Persiapan seragaman 
Seragaman kami haturkan hanya untuk kalangan keluarga, among tamu, my bridesmaid dan kru riweuh di belakang layar. 
Untuk seragaman keluarga dan among tamu belanja di Beteng Trade Centre Solo. BTC itu pasar textile yang gede banget sampe bingung milih mau beli di kios mana. Tipsnya: Seragamkan warna seragaman dengan tema pernikahan biar keceh pas difoto. 

Untuk seragaman kru riweuh karena ga banyak, diputuskan untuk beli untuk beli jadi aja.

sementara untuk bridesmaids akuu..spesial aku pesen dari toko online langganan aku di instagram. 

8. Persiapan Tim Foto Pernikahan 
Udah sempet nyari fotografer buat pernikahan yang bagus tapi reachable sm tarifnya heheheh. Kebetulan seorang teman lama ada yang punya bisnis ini, hasilnya bagus, profesional dan harganya cucok. Yaudah bye bye lainnya. Jdinya aku milih Exito Photography untuk mengabadikan momen terindah dalam hidupku hehehe. 

9. Persiapan Panitia Pernikahan 
Panitia pernikahan memegang peranan penting dalam kelancaran acara pernikahan. Jadi diharapkan yang menjadi panitia adalah orang-orang terdekat dan memiliki jiwa militansi tinggi! Alhamdulillah bapak ibu dawis gang rumahku merupakan panitia yang siap sedia untuk menjalankan misi ini. Panitia pernikahan juga bisa berasal dari keluarga, karena keluarga dari orang tuaku jauh-jauh kasian kalo harus bolak balik pwt, maka keluarga terdekat adalah tetangga. 


Sekian ya share persiapannya. Di postingan selanjutnya aku bakalan share sneakpeak pernikahan aku. 

Salam -Resti sudah menikah 2 minggu lalu-

12 comments:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Tulisannya keren, kak. Di Pwt masih jarang bgt wedding review kaya gini. Oya, selamat untuk pernikahannya ya kak.
    Btw, bisa kasih info PL vendor-vendor itu g kak dari A sampai Z sama tips-tips dari pengalaman kakak? Biar update info persiapan wedding gt di Pwt, cz informasinya udah lawas bgt yg ada (kalo aku cari2, he he).
    Thanks,kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hehehehe PL nya yak? Sek ak inget2 hehehe. Terimkasih udah baca blognya. Nanti aku buat postingan baru lagiii hehehe

      Delete
    2. Okay,masama. ditunggu ya kak. Makasih ^^

      Delete
    3. silakan klik ya http://mynameisresty.blogspot.co.id/2016/04/still-talking-bout-my-wedding.html ini udah aku coba ingat2 kembali hehe tapi hanya beberapa saja.

      Delete
  3. selamat atas pernikahannya ya, mbak resti.
    baru tau kalau mbak udah nikah hehehe. barakallahu fiikum.
    dari rina_pwk_unhas

    ReplyDelete
  4. blog yg bermanfat kebetulan lg nyari vendor

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sip sip. Silakan eksplor lagi yaa kali2 nemu yg lain.

      Delete
  5. hai resty, thanks for sharing. masih jarang ya yang nulis blog tentang wedding di purwokerto hehe

    ReplyDelete
  6. Ka boleh minta kontak nya pak min yang bisa di hubungi, kebetulan sy masih daerah cilongok jg dan sy jg lg nyari nyari tukang masak tp blm nemu

    ReplyDelete

Masuk Sekolah

  Assalamualaykum teman-teman blog! Sudah lama sekali ga menyapa lewat blog, alasan klasik tolong diterima ya.                          ...