May 12, 2015

Dewasa 2.0




Setelah lulus kuliah, rasanya yang kita incar adalah bagaimana mendapatkan pekerjaan yang sesuai dengan jurusan kita. Well, meskipun banyak juga lowongan yang emmang membuka untuk semua jurusan. Tapi , dari situ harusnya kita memiliki pandangan bahwa perusahaan tersebut hanyalah memperbesar kemungkinan mereka untuk mendapatkan pegawai. Tentunya yang akan diterima adalah teman-teman dari jurusan yang lebih nyambung dengan posisi tersebut. 

Bekerja merupakan sebuah usaha untuk mendapatkan uang dan melanjutkan hidup. Lulus dari sebuah universitas mentereng merupakan sebuah background kita untuk segera mendapat pekerjaan di tempat yang keren. Ya iyalah, coba kalo sekolah dari masuknya aja susah, saingan banyak. Kuliah susah, dosennya pinter-pinter. Lulusnya susah, ambil tema skripsi susah. Masa lulus Cuma kerja jadi begituan, disitu lagi. Apa kata dunia? Kita lupa kalo dunia itu bisu, yang bisa komen Cuma orang-orang yang ada di dunia ini yang ga ikut ujian masuk kuliah, susahnya bertahan kuliah, dan susahnya keluar dan dapet gelar. 

Tetapi nasib manusia tidak sama. Tuhan terlalu kreatif buat menyamakan semua takdir kita. Tuhan Maha Kreatif. Adalah sebuah cerita yang teramat biasa dengan premis yang pasti, bahwa yang rajin dan pintar akan masuk tempat kerja yang keren. Iya itu memang ada, tetapi bukan hidup namanya kalo terlalu selow tanpa kejutan. Terkadang yang disaat kuliah jarang masuk, nilai pas-pasan, kegiatan organisasi aja engga ikut, pas lulus udah dapet kerja duluan. Beda lagi sama yang berpikiran bahwa yang penting kerja apa saja, ternyata bisa ketrima di tempat kerja yang jadi impian anak-anak yang sudah mempersiapkan dia akan masuk tempat tersebut jauh-jauh hari. Mungkin yang paling ngenes adalah yang sudah berusaha buat memaksimalkan akademiknya dan berjuang mati-matian di setiap jobfair tetapi masih saja belum beruntung. 

Manusia punya banyak jatah gagal dan perlu dihabiskan saat ini juga. Ini adalah kalimat yang cukup mendukung aku dan teman-teman yang gagal bahwa kegagalan yang berkali-kali akan musnah dan tergantikan sebuah keberhasilan jika nanti saatnya tiba. Kita harus percaya itu, Tuhan tidak tidur dan Maha Mendengar. Semua orang memiliki waktunya masing-masing, kita tidak tau kapan waktu kita untuk bisa mendapatkan pekerjaan yang tepat dan layak bagi penghidupan kemanusiaan. Yeah aku lebay. Then, what?! I don’t give a damn anymore. All I have to do is always do my best, think with my brain and pray.

No comments:

Post a Comment

Masuk Sekolah

  Assalamualaykum teman-teman blog! Sudah lama sekali ga menyapa lewat blog, alasan klasik tolong diterima ya.                          ...