September 2, 2016

Sebulan menjadi commuter




 source: here

Fix hari ini tepat sebulan aku masuk kantor dan resmi menjadi commuter. Mengapa harus menjadi commuter?

Sederhana saja. Jarak dari tempat tinggal hingga kantor cukup jauh jika harus ditempuh dengan kendaraan pribadi. Lagian aku juga gatau lewat mana kalo harus naik motor sendirian ke Jakarta.

Salah satu pilihan yang mudah dan terjangkau adalah naik KRL. Jarak antara tempat tinggal ke stasiun terdekat yaitu stasiun sudimara hanya hitungan menit. 15 menit ya plus macet di depan komplek, pertigaan mau ke BXc, dan pengkolan Jombang.

Banyak persiapan yang harus aku lakukan demi naik KRL ini, baik pulang maupun berangkat. Beberapa hal yang aku upgrade demi menjadi commuter professional: 

1.Kartu harian jaminan. Aku harus ganti jadi kartu multi trip yang bisa diisi saldo. Jadi gausah ngantri tiap pagi dan tiap balik kerja. Untuk mempermudah biar ga keselip, aku pasang kartu tersebut di sebuah hang tag. Tinggal kalungin aja.  

 2.Bangun pagi di hari senin adalah WAJIB. Kecuali mau hari seninnya menjadi BLOODY MONDAY. Gak tau ya, Monday effect ini beneran ada. Aku pikir hanya sebuah sugesti segelintir orang. Tapi nyatanya engga. Mungkin benar sugesti bisa menjadi kenyataan ketika dilakukan jamaah. Well,,that’s so bad. Tapi yang jelas, lebih baik berangkat pagi banget. Aman di KRL aman di jalan, aman di kantor. 

3.Mempelajari perilaku pengguna KRL setiap jam. Jadi di minggu awal kerja, aku nyoba berangkat dan pulang di waktu-waktu beragam. Hal ini bisa jadi pilihan, kapan waktu aman buat berangkat atau pulang kerja. Dengan demikian, bisa terhindar dari namanya traffic disaster macam kegencet-gencet, rebutan masuk, dorong-dorongan di KRL.  

 4.Berdirilah di depan gerombolan laki-laki yang duduk. Itu adalah trik jitu buat dapetin tempat duduk. Laki-laki bakal jatuh image nya kalo ngebiarin cewek berdiiri di KRL sementara dia duduk ongkang-ongkang di depannya sambil pura-2 tidur :D 

5.Jangan pernah coba-coba pake heels atau wedges saat naik KRL. Simple reason: PEGEL SEBADAN BADAN. Hari-hari awal kerja, aku masih ga punya flat shoes. Jadilah aku pake kitten heels yang tingginya seupil itu buat ngantor. Meskipun tingginya secuil gitu, heels still heels. Luasan tumpuan lebih sempit dibanding kita pake flatshoes. So, bener aja deh kaki kram tiap tidur malam. So, solusinya aku punya 3 alas kaki. Sandal dan sepatu cantik aku taro di kantor, dan sepatu plastic buat mobile berangkat dan pulang. Antisipasi juga kalo hujan kan? 

6.Bawa P3K Make up. Buat aku sih simple. Cuma face mist, lipen, lip balm dan parfum.  

7.Yang pasti, siapkan uang pecahan. Karena buat bayar ojek online lebih praktis pake uang pas aja. Jadi ga bikin abangnya susah nuker2in uang.

 source: here

Dari poin nomer 3, aku punya jam-jam aman buat berangkat dan pulang: 

1. Jam aman berangkat hari senin adalah jam 6 dari rumah. Hal ini supaya aku bsia ikut kereta yang berangkat dari Sudimara, sehingga ekempatan duduk lebih besar.  

2.Maksimal berangkat hari lainnya adalah jam setengah 8 sampe stasiun. Supaya bisa dapet tempat parkir yang ada atapnya. Karena di atas jam setengah 8 udah full tempat parkirnya.

3.Pastikan naik KRL di gerbong yang legaan dan berusaha dapet tempat buat pegangan. Karena males banget kalo ga dapet pegangan dan harus tergoyang-goyang kalo KRL nya ngerem atau pas melaju kencang.  

4.Selalu order ojek online saat KRL masuk ke stasiun tanah abang. Karena kalo dadakan biasanya aplikasinya error. Maklum demand banyak bgt. Traffic aplikasi pasti macet.  

5.Pastiin dimana ojek online tersebut bisa jemput. Ga mau kan udah jalan ke utara taunya ojek nya di selatan dan itu jalan 1 arah ke selatan. 

6.Nyalain maps. Karena bisa jadi abang ojek online gatau jalan dan kita pun belum hafal jalan.  

7.Pulang di jam-jam yang aman. Maksudnya dimaan kereta ngetemnya ga kelamaan dan jalan ga macet banget. Jam aman itu jam 6 sore di stasiun tanah abang atau sebelum jam 5 sore udah sampe tanahabang. Dijamin KRL nya ga separah yang jam setengah 6.  

8.Cek kartu multi trip jangan sampe saldonya kurang. Malah bisa jd denda.

Meskipun demikian, pernah aja ngalamin hal-hal ga ngenakin meskipun udah nerapin trik-2 di atas. Suatu kondisi anomali lah. Tapi ga sering dan masih bisa dimaklumi.

sekian aja postingan kali ini ya. jangan baper naik KRL. hehehe

Salam,
-resti- being a commuter like my undergraduate thesis

2 comments:

  1. Luar biasa ya ramainya. Btw ada yang bilang beberapa penumpang perempuan justr lebih tegaan dengan sesama penumpang lain (dorong-dorongan & nggak mau kasi tempat duduk ke penumpang yang lebih butuh). Bener nggak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. luar biasaa...apalagi kalo hari senen mbak..orang2 udah kaya masuk akuarium. Iya bener bgt mbak, kalo di gerbong khusus perempuan emang lebih ngeri. ak sempet sekali disana. walopun baunya ga se'iyuh' di gerbong campur, tapi persaingan lebih ga sehat :(

      Delete

Masuk Sekolah

  Assalamualaykum teman-teman blog! Sudah lama sekali ga menyapa lewat blog, alasan klasik tolong diterima ya.                          ...