September 3, 2016

Istri di rumah dan Istri Bekerja di luar rumah

 source: here

Sudah hampir 6 bulan aku jadi istri pacar terlama ku selama hidup 25 tahun...hahaha

Selama 6 bulan itulah 3 pekerjaan udah aku jalani. Pekerjaan pertama adalah sebagai fulltime wife. Yep, karena belum hamil, dan baru aja pindah rasaya banyak yang harus dibenahi. Sebagai fulltime wife, aku bilang ini pekerjaan paling berat dan paling pernah bikin aku stress? Really? 

Sebagai perempuan yang terbiasa mondar-mandir notabene kerja, aku ga bisa berdiam diri aja di rumah. Sekalinya di rumah, ada aja gitu yang harus dilakuin, ya masak, nyuci, nyapu, ngepel sampe malem..kok bisa? karena rasanya risih aja gitu liat ujung sepre mencuat misalnya? Hal itu bikin ku sedikit gila. Karena aku ngerasa useless banget. Ga bisa bantu-bantu nambahin income keluarga juga. Kemudian rajiiin banget apply-apply ke banyak tempat. Tapi masih gak berhasil. 

Bulan ke dua menikah, aku dapet kerjaan sebagai part timer math tutor di salah satu bimbel berlisensi Jepang. Meskipun demikian, hari kerjanya dari senen sampe sabtu. Jam kerjanya pun ga seharian. Buat senin hingga jumat, aku kerja siang sampe malem. Dari jam 2 siang hingga 7 malam. Sementara Sabtu, aku kerja pagi mulai jam 8 hingga setengah 12. Pekerjaan ini cukup menguras tenaga. Karena klien ku adalah anak-anak SD yang masih dalam masa aktif-aktifnya. Ada yang di kelas suka bercanda, suka jahil, ga fokus, atau bahkan sampe nangis. Untuk menambah kegiatan, aku mulai aktif lagi menjahit karena udah punya mesin jahit baru...yeay. Dan udah ada plan buat buka usaha berhubungan dengan jahit menjahit.

Bulan ke 5, atau baru sebulan kemaren, aku ketrima sebagai staf teknis di Bappenas. Hehehe...finally bisa kerja sebagai pekerja kantoran dan sesuai sm background pendidikan. Ya, walaupun aku juga suka ngajar, tetapi kerja yang berhubungan sama planning masih tetep jadi 1st motivation. Setiap hari aku mesti berangkat jam 7 pagi dan pulang jam 5 sore paling cepet. Kantor Bappenas berada di Kawasan Menteng. Untuk menuju kantor itu, aku harus nai KRL menuju Tanahabang dan ganti ojek. 

Ada beberapa hal yang aku agak belum bisa sesuaiin, yakni kerja dan jadi istri. Jarak kantor yang ada di Jakarta, membuat aku harus bangun lebih awal untuk berangkat. Sementara suami jarak ke tempat kerja hanya 15 menit dengan sepeda motor. Awal bekerja aku masih ga bisa ngurus sarapan. Bangun mepet, langsung mandi, dandan dan berangkat. Sarapan kadang beli di stasiun buat diriku sendiri. Suami terlantar. Dosa ya? Malemnya pulang kalo suami kerja pagi, cuma bisa beli di warung aja. Asupan gizi makanan pun berantakan. 

Disitu aku merasa sedih. Berjuang dengan doa dan usaha buat dapet kerja, setelah kerja malahan jadi istri jahat T_T ga pernah masakin suami lagi. Dari situ aku mulai menyiasati...aku harus atur waktu tidur dan berkegiatan. Akhirnya alhamdulillah udah bisa bangun pagi dan nyiapin sarapan meskipun cuma goreng nugget :P yang penting suami bisa sarapan di rumah dan keurus. Di akhir pekan biasanya bagi kerjaan dengan suami. Beruntung, Gembul adalah tipe suami yang gemar membantu *di kala dia lagi ga capek* Biasanya nyuci baju atau bersih2 rumah.

Selain itu juga ga boleh begadang dan jaga kesehatanku sendiri. Aktifitas padat dan beban kerja yang makin nambah, bikin aku perlu milih-milih makanan yang harus dimakan dan ngirit sis. Akomodasi sehari aku atur supaya bisa nabung. Iya...biar bisa beli rumah impiaan...yuhuuu

source: here

Well, alhamdulillah sudah bisa ngalamin beragam peran setelah menikah mulai dari fulltime di rumah, parttimer, sampe jadi wanita karier. Masih berusaha buat cari waktu olahraga biar ga gendut gegara kelamaan duduk depan komputer dan makan snack rapat secara random. Pengen zumba dan yoga lagi *baju udah pada sempit sis*

Semoga bisa tetap atur waktu sebaik-baiknya ya. 

Salam, 
Resti -sedang nungguin suami balik kerja kayanya lembur deh, iya akhir pekan gini lembur-

8 comments:

  1. Huwaaaaaaaaa kamu wanita setrong mbaaaaak. Jadi inget ibu kalo lagi baca cerita yg semacem ini. Tidur jam 9 malem, bangun jam 4 pagi dan nyiapin semua buat saya dan bapak. Nyuci, mbersihin rumah, bikin sarapan, lalu berangkat kerja. Tapi karena sekarang udah nggak kerja, ibu jadi lebih leluasa di rumah. Tapi ya kerjaan teteup~ Banyak banget sis. Kalo ga dibantu capek juga :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. life og mbak. ngene tenan e. hahaha. tp harus disyukuri dan distrategikan.
      semangattt!!!

      Delete
  2. Emang perjuangan banget, dulu pas masi kerja di jkt, aku ngerasakan hal yg sama, di kereta cuma numpang tidur...bsngun pagi, pulang langsung pungin ngambruk di kasur hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. haa iya mak, kaya seharian di kantor yang kadang gabut terasa sagat berharga jika ada di rumah buat beres2 hehehe

      Delete
  3. seberat2nya kerja kantoran, ttp ya kerja di rumah itu jauuuuh lbh berat lg... makanya mungkin itu sih yg bikin aku ga pgn resign dr kerjaan kantor ;D.. untungnya suami malah mendukung krn dia ngerti aku ga mungkin tahan ama kerjaan rumah yg ga ada habisnya :).. salut makanya ama semua ART dan IRT yg bisa kuat kerja di rumah :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mak setuju banget. kalo di kantor bisa ada waktu leyeh-leyeh manja dan ngabur ya kalo bos ga ada. aku juga mau gimanapun masih gamau resign dulu hehe. waa senangnya punya pasangan yg ngedukung juga. tp tetep jaga kesehatan ya mbak. semangat!

      Delete
  4. jadi isteri, jadi ibu, kerja juga dan aku mahasiswa tingkat akhir yang sedang skripsi
    24 jam berasa kurrraaaanggggg

    apalagi kalau udah di rumah, ngurus anak dan beberes rumah
    capeknya melebihi kerja di kantorrr

    ReplyDelete
    Replies
    1. salam kenal mak. Wah mak sungguh multi peran sekali. Semangat ya mak. Menikmati peran seperti ini yg cuma perempuan bisa pahami. hehehe

      Delete

Masuk Sekolah

  Assalamualaykum teman-teman blog! Sudah lama sekali ga menyapa lewat blog, alasan klasik tolong diterima ya.                          ...