December 18, 2015

Serial Drama Korea - Reply 1988


Poster Reply 1988


Kali ini aku mau mereview serial drama korea terbaru yang baru tayang bulan kemarin di TvN. Serial drama ini berjudul Reply 1988. Hampir sama dengan serial drama berjudul reply 1994 dan reply 1997, serial drama ini juga mengisahkan sebuah cerita yang memiliki kaitan dengan masa lalu. Jadi alur ceritanya maju mundur, dari tahun 1998 ke 2015 dan sebaliknya. 

Reply 1988 bergenre drama komedi tentang keluarga, persahabatan dan percintaan. Serial ini mengisahkan tentang sebuah neighborhood di Seoul tahun 1988 yang memiliki penghuni dimana mereka saling bertetangga dan memiliki anak-anak dengan usia sepantaran. 


Nuansa cerita keluarga sangat kental di cerita ini, bagaimana hubungan kakak, adik, ayah, dan ibu dalam satu rumah setiap hari nya. Selain itu kehidupan bertetangga di Seoul tahun 1988 ternyata tidak jauh berbeda dengan di Indonesia yang hingga saat ini masih ada, seperti kumpul dengan tetangga, saling berkirim makanan, makan bersama, dan saling membantu tetangga yang kesulitan. 

Reply 1988 berfokus pada persahabatan 5 orang anak-anak yang tinggal di neighborhood tersebut. Mereka adalah Duk Seon, Jung Hwan, Dong Ryong, Sun Woo dan Taek. Duk Seon adalah satu-satunya perempuan dalam kelompok bermain itu, sehingga kelakuannya agak tomboy. Mereka berlima sering berkumpul bersama di kamar Taek, seorang master Baduk yang sangat terkenal di Korea Selatan. Mereka kadang menonton tivi, membaca komik, novel, ataupun hanya makan ramyun bersama-sama. Konflik terjadi ketika Duk Seon menyukai Sun Woo teman bermainnya, sementara Sun Woo ternyata menyukai Bo Ra, kakak perempuan Duk Seon. 

Konflik makin rumit ketika Jung Hwan dan Taek sama-sama menyukai Duk Seon. Di tahun 2015, muncul rasa penasaran ketika Duk Seon dewasa ngobrol dengan suaminya, siapa sebenarnya yang menjadi suami Duk Seon, apakah Jung Hwan atau Taek. Hal ini makin susah sebab banyak sekali rahasia-rahasia yang masih belum terungkap,


Mungkin ketika episode awal, serial ini cukup boring. Tetapi jika sudah masuk ke episode 8 sudah mulai greget nontonnya. 

Pose Komplit Pemain Reply 1988

Bagi yang mau download serialnya mulai dari teaser hingga episode terakhirnya, bisa download di sini. Drama ini masih ongoing, jadi tiap minggu kudu sabar nungguin 2 episode terbarunya hadir. 


Salam, 
-Resti-

No comments:

Post a Comment

Masuk Sekolah

  Assalamualaykum teman-teman blog! Sudah lama sekali ga menyapa lewat blog, alasan klasik tolong diterima ya.                          ...