October 10, 2016

Mabok durian di Medan



Kurang lebih dua minggu lalu, aku berkesempatan mengunjungi Kota Medan. Karena perjalanan mendadak, aku ga sempet ngelist apa saja yang harus aku cari di Medan. Pak Bos kebetulan adalah orang Batak, jadi aku merasa bersyukur banget karena Pak Bos ngajak ke beberapa tempat kece *aka tempat kuliner*


Siang setelah keperluan kerjaan beres, kami ber 4 meluncur ke sebuah tempat makan durian yang katanya enak dan yang direkomendasikan. Berhubung aku adalah gaptek masalah tempat makan *karena ga sempet googling2 ya* aku ikutan aja. Palagi makan durian yummmmm.

Setelah bersusah payah memahami arahan dari google maps, finally kami sampai di sebuah kedai makan durian yang lokasinya masih di pusat kota Medan. Kedai tersebut berwarna kuning dan hijau, warna khas durian. Jangan cari selain durian dan jangan kesini kalo nyium bau durian aja udah kleyengan. Karena bagi para penikmat durian, disini adalah surganya. 
Durian yang melimpah

Ya, namanya Ucok Durian. Kata Pak Bos, kedai Ucok Durian ini tidak ada cabangnya di Medan dan dimana-mana. Sehingga kedai ini buka 24 jam! Aih...benar-benar totalitas rupanya si Ucok. Dulunya, pemilik kedai hanya berjualan durian di pinggir jalan dengan kaos singlet. Hingga akhirnya bisa memiliki kedai seluas ini di lokasi yang sama. Kedai ini juga udah sering masuk tujuan wisaat kuliner di acara-acara kuliner televisi. Bahkan sering didatangi artis *iya, banyak foto pemilik sama artis-artis terkenal*.



Siang itu kedai tidak terlalu ramai, hanya banyak pembeli yang beli untuk dibungkus. Setelah duduk, kami memanggil abang tukang durian yang kemana-mana bawa parang. Kami diambilkan 3 buah durian *kalo ga 3 ya 4 lah* kemudian dibelahnya satu persatu. Fyi, durian medan ini besar, berbiji besar juga dan berkulit tebal. Ga salah kalo favorit banget buat diburu penikmat durian. 

Durian biasanya disantap dengan ketan. Jadi selain air kemasan dan tissue, di meja juga disediakan bungkusan ketan. Aku berhasil menghabiskan 13 biji durian dan Diantha *rekan kerjaku* 12 biji durian. Kami kalap, hampir semua durian kami habiskan. Durian-durian ini sepertinya sudah sampe batas tenggorokan. 
sudah habis berapa ya?

Selain menjual buah durian yang dimakan di tempat, kedai Ucok Durian juga menjual buah durian yang dikemas supaya bisa dibawa dalam pesawat. Ukuran kotaknyapun bervariasi mulai harga 100ribu rupiah hingga 500ribu rupiah. Kotak durian tersebut dikemas sedemikian hingga ga menimbulkan bau di kabin. 
yang paling kecil 100 ribu dan udah cukup bikin mabok ya
Tidak semua buah durian rasanya manis. Untuk beberapa buah yang ga lolos jual, pemilik mengolah menjadi pancake durian. Tapi sayangnya ga sedia es durian. Padahal enak banget kan ya es durian itu dimakan siang-siang. 

Aku ga bawa pulang buah durian, karena takut beroksidasi dan malah bikin mabok. Jadi aku beli pancake, tapi beli di durian house, bukan di ucok durian. 

Lain kali kalo ke medan, boleh lah kesini lagi nyobain durian lagi sepuasnya!

salam, 
resti -udah ga mabok durian-


6 comments:

  1. Aaakkkk duren!!!!!!
    Aku cinta banget sama duren. Dari mulai buah asli sampai segala macam olahannya. Waktu orang tuaku ke medan, mereka khusus bawain ak durian ucok yang langsung habis seketika aku makan sendirian sampe mabok. Hahaha

    ReplyDelete
    Replies
    1. haha halo mak, salam kenal. penikmat durian juga ya ternyata? iya nih favorit banget durian di medan. mau sampe mabok gapapa lah ya, ga tiap hari ini hehe

      Delete
  2. uwwoooohhh...durian ucoook yaa... ^o^.. tiap kali mudik kemedan aku ama suami udh pasti makan ini mba... tapi skr mah udh banyak bgt warung durian lain selain ucok ini.. jd kalo misalnya di ucok lg rame, dan aku males antri, biasanya pasti nyari warung duren lain.. sama enaknya kok, dan juga murah... ;)

    eh serius mkn 13 biji?buseeet, aku lgs pusing itu mbak ;p.. udh inget umur soalnya :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. halo mak, salam kenal. waa senangnya bisa tiap mudik ke medan *envy* hehehe
      iya mbak, di medan skrg banyak tempat-tempat makan durian baru yang ga kalah promosi harga dan rasa. ada juga namanya bolang durian.

      heheh iya. kalap sudah. 13 biji sekali tempo. alhamdulillah masih ga kleyengan hehehe. jangan banyak2 mbak berati duriannya kalo kebanyakan hehehe

      Delete
  3. Waaah malah sepi yah kalo siang? Saya ke sana pas malem, mbak. Ruameeeeeeee buanget. Mungkin karena malem minggu juga kali ya?

    ReplyDelete
  4. Langsung Nglier :-O
    Disini belum musim . Huhuhu..

    ReplyDelete

Masuk Sekolah

  Assalamualaykum teman-teman blog! Sudah lama sekali ga menyapa lewat blog, alasan klasik tolong diterima ya.                          ...