June 26, 2018

KOMENTATOR LEBARAN



Lebaran adalah momen yang ditunggu-tunggu untuk mudik berkumpul dengan keluarga, bermaaf-maafan, makan makanan enak, dapet THR dari saudara yang sudah bekerja atau lebih tua,  dan saling mengunjungi sanak keluarga lain.

https://id.theasianparent.com/wp-content/uploads/2013/07/shutterstock_103045553.jpg


Aku sudah merantau sejak tahun 2009, dari situ aku mengikuti tradisi mudik setiap lebaran. Ya meskipun selain lebaran aku juga pulang ke rumah, tetapi menjadi bagian dari euphoria lebaran itu menyenangkan. Ikutan  berebut beli tiket kereta, kalo ga dapet naik bus atau travel, macet2an di jalan,  beliin oleh-oleh buat di rumah dan sampe dirumah dengan selamat.

Tiba saat lebaran, waktu yang pas untuk kumpul keluarga. Pas lagi ngumpul ini,  pasti sering deh ditanya-tanya sama om, tante, pakdhe, budhe. Pertanyaannya macem-macem.

Level mahasiswa:
“udah skripsi belum?”
“kapan lulus?”
“udah kerja dimana?”

Level jomblo:
“udah punya pacar belum?”
“kapan ni orang tuamu mantu?”
“pacarnya orang mana?”

Level newlywed:
“lagi isi ya?”
“anaknya udah bisa apa?”
“kapan nih nambah adeknya?”

Pertanyaan diatas tentu merupakan sebuah perhatian dari keluarga lain yang memang jarang ketemu karena pengen tau update an kehidupan kita, atau bisa jadi basa-basi dalam sebuah pertemuan ye kan biar ga garing-garing amat.
https://www.maxmanroe.com/wp-content/uploads/2014/11/Moderasi-Komentar-di-Blog-website.jpg

But sometimes, 
pertanyaan-pertanyaan kaya gitu menjurus ke hal yang sensitive dan bikin dongkol. Mungkin niatnya pen tau, basa-basi, tapi kalo ternyata pertanyaan tersebut adalah sebuah permasalahan pribadi bagi yang ditanya, bukannya seneng malah jadi kepikiran pas habis ditanya.

Aku sendiri, sudah melewati semua pertanyaan termasuk pertanyaan gong “kapan nikah?”. Tentu ini bukan ending dari daftar pertanyaan yang bakalan ditanya. Setelah menikah dan punya anak masih aje dapet pertanyaan.

Lebaran yang lalu, ak dan suami serta bayi kami yang lucu berhasil melewati semua pertanyaan dan bagiku tersisa sejengkal kedongkolan.
Hahaha.

Curhat? Iya sih.

Susahnya cari tiket mudik, persiapan mudik bawa bayi yang plis bawaan kami udah kaya mau boyongan, kemudian dapet pertanyaan yang terkadang terasa menohok, kok seperti esensi mudik dan kumpul keluarga  jadi hal yang ditakuti.

Taun ini, kami dapet pertanyaan dan komentar yang buatku itu adalah masalah yang masih belum terpecahkan.

Anak kami yang lucu yang bahkan ngomong masih belum lancer dapet komentar
“bayinya kurus banget? Ga doyan makan ya? Liat tuh si Y (sambil menunjuk anak saudara lain yang lebih endut dan chubby) gendut, duh anak kamu kasian banget ih”.

To be honest kalo boleh mereka tau, anak ku barusan batuk pilek dan gamau makan, sebagai orang tua, aku dan suami sudah mencoba berbagai cara supaya anak kami mau makan dan berselera kembali. FYI, BB anak kami emang kurang. Anak kami mungil, kurus, tapi aktifnya masyaa allah. Kesehariannya dia makan dan minum dengan lahap. Tetapi entah bagaimana BBnya tetep segitu aja dan ga gendut kaya anak-anak yang lainnya.

Pada momen tersebut, ga mungkin dong aku emosional. Ak Cuma nanggepin sambil senyum, ngelus-ngelus anak. Tentu saja aku ga bales 

 “Gausah ikut campur deh ya, makan opor aja sana...”

Then, komentator tersebut beralih dong ke aku, Si Emaknya bayi.

“Kamu gendutan ya? Lagi isi lagi kah? Baru satu anak aja udah segede itu apalagi kalo udah nambah lagi yaa…Hahahahaha”

Hahahahaha juga. 

Sebenernya menjadi gendut juga bukan keinginanku kok. Ya gimana, mau diet tapi anak masih nyusu. Mau olahraga, ga ada waktu karena kalo libur dirumah aku maunya main dan kruntelan sama anak untuk menebus waktu yang hilang selama 5 hari dari pagi sampe sore.

Aku juga ga nyaman gendut. Selain baju ga ada yang muat, beli baju susah, ga PD, dan gampang capek.

Dan banyak sekali komentar komentar bak komentator bola selama pertemuan keluarga tersebut yang macam aren pertandingan bola.

Afterward nya, aku yang dapet komentar ga dapet solusi satupun dari komentar yang diberikan. 

Yang membekas di hati malah....

“Kayanya kalo taun depan keluarga gue ga PERFECT, gue mending ga usah mudik aja deh. Lelah banget rasanya jiwa dan raga ini, warganeettt”.

Mulut habis puasa kadang menjadi lebih ringan, selain enak buat makan juga enak buat komentarin orang.

Mungkin aku disini mengalami hal seperti ini. Yakin, diluar sana juga banyak yang mengalami dengan variasi yang lain.

Dalam setiap kelompok-kelompok pasti ada komentatornya. Mereka membuat kumpul keluarga menjadi hal yang ditakuti, menjadi hal yang lebih baik tidak usah diikuti dan lebih baik diam saja atau bales balik omongannya dengan lebih telak. 

Tapi lagi lebaran yak kan? Ga mungkin ada yang berani balikin komentar sodara apalagi yang lebih tua. Yang lebih ngerasa lebih paham sama dunia. Yang ga pernah kasih solusi. 

Untungnya, lebaran ga ada orang kelaparan, semua kenyang, semua tenang. Mau kepancing sm komentar julid, lebih milih melahap opor dan teman-temannya.

Kelak, aku ga ingin bercita-cita menjadi kerabat yang suka komen doang tanpa solusi. Lebih baik diam dan nanya kabar secara wajar. Sekalipun komen, aku akan pake unggah-ungguh yang sopan dan friendly. Gausah nanya dengan nada Feni Rose diacara gosipnya (bukan acara jualan apartemennya hihihi) .

Aku akan selalu ingat rasanya lelah cari tiket mudik sampe begadang semaleman dan ingin berkumpul dengan keluarga dengan perasaan bersyukur, merupakan sebuah kemevvahan yang haram dinodai dengan komentar-komentar tak penting unfaedah unsolution. 

http://news.unair.ac.id/wp-content/uploads/2017/06/lebaran.jpg


Salam arus balik,
Resti  



No comments:

Post a Comment

Masuk Sekolah

  Assalamualaykum teman-teman blog! Sudah lama sekali ga menyapa lewat blog, alasan klasik tolong diterima ya.                          ...